Kuliner Khas Goweser

Kayaknya asyik nih .. misalnya blog ini ditambahin segmen baru mengenai kuliner. Bertambah satu lagi genre menunya, dari bike2graphy, bike2work, bike2camp, dan yang paling baru bike2kuliner. Dibuka dengan posting mengenai kebiasaaan para goweser setiap mampir di basecamp dan yang disediakan warung di basecamp yang rata-rata menyediakan menu ini.

Dari beberapa basecamp gowes yang pernah di kunjungi, misal : Pitstop JJ, Situ Cibeurem, atau Warung Bondol/Nawit beberapa kulinernya khas dan jarang bisa dijumpai di tempat lain. Kita buka dengan SUHE atau Susu Jahe dan Ketan Kelapa parut.

SUHE

suhe - image diambil dari google

Merupakan kuliner berjenis minuman terbuat dari bahan :
  • susu kental manis 
  • gula merah
  • jahe
Gula merah dan jahenya dirajang halus, kemudian diseduh dengan air panas dihidangkan dalam kondisi panas. Dengan rasa manis dari gula merah ditambah pedas jahe seakan cepat menggantikan energi yang terkuras setelah gowes. Ini sangat khas, cara membuatnya hanya bisa ditemui di warung-warung basecamp goweser.

Ketan Kelapa


Untuk menemani Suhe, cocok sekali disantap dengan ketan kelapa. Terbuat dari bahan ketan putih yang dikukus seperti memasak nasi dan ditambahi taburan kelapa setengah tuh yang diparut. Disajikan dalam kondisi hangat-hangat dan bagi yang suka pedas bisa diberi topping sambel kacang, top .. maknyus !

Hampir semua warung basecamp para goweser bisa dipastikan mempunyai kedua menu di atas sebagai menu favorit. Lain kali kita akan bahas goreng ikan air tawar yang hanya ada di Warung Bondol atau tape uli di trek kranggan. Untuk yang terakhir sayang sekali kehabisan, ketika saya kesana terkahir kali. Saking terkenalnya kuliner tape uli ini sampai-sampai jalurnya di kenal Trek Tape Uli.





0 komentar:

Post a Comment