Hasil Test Perangkat DiY

Di si Police 911 - Orlando menempel berbagai perangkat bantu yang untuk beberapa fungsi. Kali ini yang akan direview adalah perangkat subtitusi, maksudnya perangkat yang dibuat sendiri tapi berfungsi seperti perangkat buatan pabrikan. 

Dan sekali ini mendapat kesempatan bagus untuk test perangkat DiY ini, di Gobar ke Curug Cigamea momennya pas untuk test, jarak perjalanan yang panjang cukup untuk mereview bagaimana perangkat ini bekerja, test ketahanan, test fungsi. Untuk mencari kelemahan-kelemahan masing-masing perangkat. Ada yang berfungsi sesuai ekspetasi sebagian kurang memuaskan.

1. ChainGuide

Perangkat ini berfungsi untuk mengatur ketegangan rantai agar saat melewati jalanan rusak, rantai tidak terlalu hebat berguncangannya, untuk mengurangi efek benturan ke chainstay. Harga asli pabrikannya lumayan tinggi di atas 200 ribu, tapi dengan dibuat sendiri hanya mengeluarkan biaya beberapa puluh ribu. Cara membuatnya bisa klik di sini.

Saat Gobar ke curug Cigamea tanggal 19 Juli kemarin, perangkat ini menempel di Police Orlando yang menempuh jarak kisaran 180 km dan hasilnya, :
  • Secara fungsi bekerja maksimal, rantai menjadi tenang. 
  • Operan gear juga tidak ada masalah, lancar
  • Hanya saja bagian karet yg terbuat dari grip bekas terkikis oleh gesekan rantai 

    karet chainguidenya habis sobek terkikis rantai
Nampaknya Chainguide DiY ini perlu penyempurnaan di bagian bahan karetnya. Diganti dengan bahan plastik atau karet yang lebih kuat. Ada usulan juga untuk memakai pulley, tapi perlu diuji coba karena ada kemungkinan rantai slip di pulley.

2. Holder Action Camera 

Perangkat ini berfungsi untuk seru-seruan mengambil video perjalanan gowes. Memanfaatkan holder lazypod dan kameranya memakai HP, Link membuatnya ada di sini.


Dan ini hasil testnya :

  • fungai perangkat ini adalah sebenarnya untuk menempatkan Hp yang dimanfaatkan kameranya untuk shooting perjalanan, fungsinya action camera seperti GoPro. 
  • Hasil video tergantung kualitas kamera Hp.
  • Perlu penyempurnaan di bagian holder universal yang memegang tangkai holder, masih sering tergelincir sehingga posisi hp menjadi miring.
  • Dibuat grip di sisi tangkai agar tidak mudah tergelincir
  • atau dibuat seperti senter police yang ada bagian kotak ditangaki yang ditempel pada holder universal.

Oke.. maping masalah perangkat DiY sudah, sudah didapat apa dan bagaimana yang harus diperbaiki. Tinggal mencari waktu luang untuk eksekusi.

0 komentar:

Post a Comment