DiY : Mengganti Rantai Sepeda MTB

Rantai si Orlando tampaknya sudah minta ganti, karatnya sudah terlalu susah dihilangkan, dan beberapa mata sambungannya sudah macet. Dari pada nantinya putus di tengah jalan, ngrepotin saat dipakai gowes mending ganti sekarang. Ganti sendiri ah, kebeneran alat bukanya Aku punya ...


karat ..!

Rantainya harus dilepas dulu dari sepeda, dengan alat ini ... banyak dijual di bengkel sepeda, murah aja harganya. Model yang seperti itu berharga skitar 40rb.
tools pembuka rantai

Mari kita mulai :

1. Lepas rantai dari sepeda, rantai harus diputus dulu. Caranya dengan melepas pin pengunci menggunakan tool pembuka rantai ..
tempatkan satu mata rantai di braket tool ini dan kunci rantai dengan memutar baut sebelah atas, terus putar tuas bawah. tepatkan point ujung tuas dengan mata pin rantai dan mulai putar tuas sampai bunyi "tek" yang pertama, putar terus hingga terdengar bunyik "tek " yang kedua pertanda pin pengunci rantai sudah terlepas.
Rantai yang terputus
pin kunci rantai

2. Lepas rantai dari sepeda
3. Siapkan rantai pengganti, ukur panjang rantai yang baru. Samakan dengan rantai yang lama.
"Penting untuk menentukan panjang rantai baru, terlalu panjang rantai bisa menyebabkan rantai mudah lepas. Dan jika terlalu pendek malah rantai ngga bisa dipasang"
4. Pasang rantai baru di RD dan FD dan sambung rantai dengan langkah seperti memutus rantai, hanya saja dengan urutan langkah yang dibalik.

"Pastikan saat memasang rantai pin terkunci dengan sempurna ditandai dengan bunyi klik 2X dan pada sambungan rantai tidak keras, test dengan menggerakannya. pergerakan disambungan itu harus leluasa seperti mata rantai yang lain."

Ciri-ciri rantai mulai rusak :
  • usang berkarat
  • mata rantai sudah keras
  • saat di gowes menimbulkan suara berisik
  • perpindahan gear slip, atau susah
  • usia pakai rantai sudah masuk kadaluarsa
Oke, done !

#gowesforhealth

0 komentar:

Post a Comment