Beberapa Destinasi Gowes di Bekasi

Bekasi, sebuah kota yang nempel di sebelah timur Jakarta dipenuhi oleh penduduk urban yang mempunyai kultur beragam. Kontur daerah ini termasuk dataran rendah .. ada pantai di sebelah utara dan mulai memasuki daerah pegungungan di sebelah selatan. Bekasi berbatasan dengan Jakarta di sebelah barat, Karawang di sebalah timur, dan Bogor di sebelah selatan.

Bisa dibilang Bekasi, baik kota maupun kabupatennya miskin sumber daya wisata. Pantai di sebelah utara juga bukan pantai pasir, lebih cocok dipakai buat tambak ikan. Keselatan juga tidak ada yang bisa diandalkan. Ngga mengherankan di Bekasi adanya cuma mall dan kolam renang. hehehe ... 
Oke .. kembali ke topik .. berikut beberapa destinasi gowes yang ada di sekitar Bekasi yang sudah pernah Aku coba ...


1. Curug Parigi
Terletak di Kecamatan Bantar Gebang, curug Parigi sudah bersinggungan dengan Cileungsi - bogor merupakan Sungai yang berjeram. ya .. lebih mirip jeram [jeram raksasa] daripada curug. Nampaknya curug Parigi tidak terurus dengan baik, airnya juga tercium aroma sampah, tapi tempatnya asyik buat foto-foto :
curug parigi 

2. Situ Cibeurem - Grandwisata

Ini adalah tempat favorit untuk goweser sekitar Bekasi. Setiap pagi akhir pekan dan hari minggu, ratusan sepeda terparkir di sepanjang jalanan area situ Cibeurem tentu saja lengkap dengan gowesernya. Asyik melihat aktifitas para goweser berkumpul, juga kesibukan para pemilik warung yang menyajikan susu jahe atau teh jahe plus ketannya di pagi hari. Bahkan ada beberapa lapak yang jual aneka aksesoris gowes.

Di situ Cibeurem juga ada trek CIMEX trek mengitari situ yang terkenal dengan panjang sekitar 5 km ini boleh dicoba setelah ngadem basecamp. oya .. beberapa komunitas sepeda menjadikan lokasi ini sebagai basecamp sebelum melanjutkan gowes ke bondol atau trek JPG.

Situ Cibeurem dikitari dengan padang rumput liar yang keren buat hunting foto apalagi di sore hari kalo cuaca cerah bisa dapet foto sunset yang keren banget. 

sunset di padang ilalang situ Cibeurem ...

3. Warung Bondol - Nawit

Biasanya, goweser berkumpul di situ Cibeurem dan melanjutkan ke destinasi ini .. Warung Bondol - Nawit terletak sekitar 18 km dari situ cibeurem adalah jarak yang ideal untuk gobar jarak pendek. Dengan trek ringan campuran antara aspal dan jalan rusak [makadam]. Cocok banget untuk olah raga mingguan.
jembatan bambu - Nawit

Destinasi utamanya ada beberapa, selain Warung Bondol yang tiap akhir pekan [hari minggu] menyajikan makanan goreng ikan air tawar dan sayur asem, Kali Bondol yang letaknya persis di pinggir Warung itu, juga ada ikon dari trek ini yaitu jembatan bambu Nawit. Jika berangkat dari Situ Cibeurem sekitar jam 10 pagi, sekitar jam 11 sampai di Warung Bondol pas banget makan siangnya Nasi putih + sayur asem + goreng ikan air tawar hasil mancing dari kalo Bondol.

4. Trek JJ [Jalur Jatiasih]

Trek JJ terletak di daerah Jatiasih berbatasan dengan Ciangsana [ Bogor] dan Kranggan [ Jakarta Timur]. Pintu masuknya berada di Jl. Ciangsana, dikenal dengan pitstop JJ.

Waktu aku kesana sempet record perjalanan menempuh trek ini di endomondo dan ini adalah routenya .. https://www.endomondo.com/routes/554933572?fb_ref=Default . Trek JJ melintasi kebon, dan perkampungan penduduk, jalurnya 100% offroad perlu persiapan yang lebih matang baik untuk sepedanya maupun nyali gowesernya. 

Jika full trek, JJ - tape uli yang udah masuk daerah Bogor dengan waktu tempuh yang lumayan jauh bisa sekitar 3 atau 4 jam. Bisa juga setengah trek sampai warung Mang Ade. Yang terkenal dari trek ini adalah Turunan Grand Canyn dan Tanjakan Ngehe. Diantara destinasi yang lain .. terk inilah yang paling memacu adrenalin.

Oke segitu aja dulu, sampe ketemu kapan-kapan di destinasi yang di atas ataupun destinasi manapun.


#gowes4health




4 komentar:

  1. Replies
    1. Senang kalo tulisan saya bermanfaat .. salam gowes dan salam kenal juga..

      Delete
  2. Thanks for the info, Will be there soon...

    ReplyDelete
  3. salam kenal, sudah lama nggak gowes jadinya gatel pengen lagi!

    ReplyDelete