Apa yang Anda Lakukan ? : Jika Putus Rantai

Ini pengalaman pribadi, baru aja kejadian sore kemarin. Ketika sedang ngabubu-Ride sore hari di sekitar kalimalang jembatan 2 - Bekasi Timur. Saat sedang mendaki jembatan tol, tiba-tiba pedal ngelos. Wah apes ! Rantainya putus. Hmm .. karena gowes jarak dekat, ga bawa tools.
rantai 8 speed
rantai shimano 8 speed

Ini yang Saya lakukan ketika mengalami kejadian seperti ini :

  • Haduh, tapi jangan panik. Cari kemungkinan yang paling mungkin untuk pertolongan pertama pada rantai putus.
  • Cek dan cari pin rantai, karena tanpa salah satu part rantai ini rantai ga bisa disambung kembali. Tapi ga gampang nyari pin yang sudah terpental entah kemana, Nihil ! Akhirnya hanya memungut rantai yang sudah tergelatak di jalan, bungkus dan lanjut T2B.
  • Pertolongan pertama cari tukang ojek terdekat, T2B sepeda ke bengkel terdekat atau pulang ke rumah.
  • Kebetulan di perjalanan T2B sepeda dengan ojek, masih ada bengkel sepeda yang buka. Maklum om, ini H-1 lebaran toko-toko udah banyak yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

Kok Bisa Putus ?

  • Shifting rantai yang tidak sempurna, jadi rantai masih posisi tanggung antar gear di sproket menyebabkan rantai slip, jika dipaksa digowes akan menyebabkan rantai terputus.
  • Kondisi rantai di Police 911 - Orlando memang sudah mengkhawatirkan berkarat dan dibeberapa titik sambungan mata rantainya sudah keras. Schedulenya padahal habis lebaran mau gantai rantainya, tapi keburu putus, hadeh !!!
  • Di tanjakan lebih rawan rantai putus, biasanya pindah gigi kagok, sudah terlambat jadi tekanan pedal yang kuat saat nanjak bersamaan dengan pindah gear semakin beresiko membuat putus rantai
Akhirnya, mampir di bengkel sepeda. Ngobrol sama si om yang jaga bengkel itu dan ternyata ga ada yang untuk 8 speed, tapi dengan terpaksa pakai yang 9 speed motong 3 mata rantai seperti yang Saya foto itu. Alah tanggung sekalian aja ganti RD Acera 8 speednya, cuma beda 10 ribu harganya dengan bengkel langganan. Jadilah, si Orlando ganti rantai dan RD baru menjelang lebaran, H-1.


0 komentar:

Post a Comment