Upgrade Sepeda Baru

Ketika Aku dan kebanyakan orang membeli sepeda jenis MTB baru, apapun merknya. Dalam hal ini sepeda yg full bike, beberapa komponen terasa kurang nyaman digunakan. Mau tau apa aja ? Yuks, disimak !


# Sadel


Aku pakai Pacific Tranzline XMT 3.0. ini adalah sepeda penggati TZ300. Begitu dipakai, yang paling tidak  nyaman adalah sadel bawaannya. Sebagai alternatif masalah ini bisa dipakaikan sarung sadel yang ada bantalan siliconnya. Kisaran 90 ribu harganya udah dapat yg lumayan bagus dengan merk seperti di gambar.

Tapi jika memiliki dana lebih bisa dengan mengganti sadel yang bagus, tentu saja harganya, hmmm.. lumayan mahal. Hanya saja kelemahan sarung seperti ini adalah posisi yang sering miring-miring, tapi sejauh ini okelah sebanding dengan harganya.

# Handlebar dan Steam


Bahasa mudahnya komponen ini adalah stang dan leher stang. Ada 2 jenis handle bar, Flat [lurus] dan Rise [bengkok]. Hampir semua jenis sepeda MTB, apapun merknya barunya handlebar bawaannya adalah model lurus. Model handlebar ini terlalu membungkuk sehingga membuat penggunanya cepat cape dan kebas di tangan.

Solusinya ada upgrade komponen ini, biasanya sih jika upgrade handle bar akan sekalian dengan steamnya sekalian. Yang Aku pakai seperti digambar itu merk United XC dan Steamnya United dbar pendek. Kisaran harganya untuk sepasang ga sampai 200 ribu.

Dus, kalau mengikuti mau sih, pengin juga upgrade yang lain-lain. Tapi, kita harus bijak. Bertahap aja menyesuaikan budget dan mendahulukan kebutuhan yang lebih penting.

#gowesforhealth