Kasta Groupset Shimano

Tulisan ini ditujukan sebagai pengayaan pengetahuan pribadi, syukur-syukur bisa bermanfaat bagi yang baca.
Groupset adalah rangakain komponen mekanik sepeda yang berfungsi sebagai "motor" penggerak sebuah sepeda.
komponen penyusun groupset


Komponen-komponen penyusun groupset terdiri dari :
- shifter (tuas pemindah gigi) , kiri (depan) dan kanan (belakang)
- brake lever (tuas rem), kiri (depan) dan kanan (belakang)
- brake caliper (rem) berupa v-break atau diskbrake : front and rear
- derailleurs (pemindah gigi) : front and rear
- crankset (gear depan lengkap dengan lengan kayuh kiri kanan)
- chain (rantai)
- cassette (gear belakang yang terdiri dari 7 – 10 gear)
- hub and free hub (as roda depan dan belakang)
- perkabelan dan rumah kabel

Groupset yang paling umum dijumpai terakit di sepeda adalah Shimano, meskipun sebenarnya masih ada 2 merk lain yaitu Sram dan Campagnolo. Shimano mengeluarkan berbagai kasta groupset. Ini uraian kasta groupset Shimano mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah :


XTR
Ini adalah kasta tertinggi groupset shimano, yang paling canggih,terbuat dari material terbaik, ringan, presisi dan kuat. Kisaran harganya 13 jtan untuk 1 groupset ini. Biasanya dipakai untuk atlet-atlet profesional.




XT
Dengan holllowtech crank, hydroulic brake, 9 megarange drivetrain, sangat tangguh untuk medan offroad yang menantang.








SLX
mega 9-drivetrain, pararel push v-brakes, hollowtech cranckset dan oversize splined axle bottom bracket. Groupsets ini cocok untuk free riding bahkan untuk bertarung di cross country racing.

Deore
Groupset kasta menengah. Cocok untuk para pemula yang ingin mencoba kemampuannya di arena XC ride. Shifter menggunakan sistem rapidfire shifting mega 9-drivetrain, 4-arm hollowtech crankset, V-brakes dan hydraulic atau mechanical disc brakes.


Alivio
Groupset Alivio adalah favorit bagi goweser. Didesain untuk medan offroad ringan. Shifter dengan sistem rapidfire 8-speed drive trains. Banyak pabrik dipakai disepeda fullbike, kelas 5 jtan.

Accera
Untuk para Fun-goweser dengan 8-speed drive trains. 

Altus
Peruntukannya untuk goweser MTB-Style dan rekreasi. Shifter menggunakan sistem index 7-speed dengan visual gear display. Altus berfungsi dengan baik dalam pengoperasian tetapi tidak cukup kuat untuk penggunaan di medan offroad.

Tourney
Merupakan kasta terendah dari groupset Shimano, untuk sepeda santai, acara car free day. Shifter mempunyai tiga pilihan sistem : revoshift, EZ-fire dan thumb shifter model, dengan 5,6 dan 7 speed drive trains.




#gowesforhealth

2 komentar:

  1. salam gowes
    mau nanya nih hehe sama2 rider TZ 3.0
    kalau buat jalanan XC seperti sawah berbatu dan pesisir sungai wkwkw kira2 G.set bawaan TZ 3.0 mumpuni atau perlu upgrade
    gmn dengan TZ sampean apaakah upgrade groupset?

    Thanks hehe Nice blog

    ReplyDelete
  2. gs sy masih standart turney om.. hanya sprocketnya aja yg diupgrdae ke megarange 34t. kl untuk jalan berbatu lebih cocok kalo upgrade forknya ke yg lebih empuk kali om.. pake suntour atau rst.

    ReplyDelete