Hand Grip, Fungsi dan Kelebihannya

Hand Grip ibarat setir di mobil, di sepeda ini adalah bagian yang paling banyak kita pegang. Kelihatannya sih sepele, cuma jika bagian ini licin dapat menyebabkan pegangan terlepas dan terjatuh dari sepeda, terutama saat gowes di medan turunan ga rata.





Dari ketiga gambar di atas, itu adalah model-model hand grip yang biasa kita lihat terpasang di sepeda. Hand grip teratas biasanya dijumpai di sepeda standar bawaan pabrik, di bawahnya memberi topangan telapak dan tungkai tangan lebih merata, dan model ketiga mempunyai tanduk yang berguna untuk posisi alternatif saat tangan mulai kebas.

Untuk jarak dekat, mungkin tidak terlalu berasa pengaruhnya dari ketiga model hand grip ini. Lain halnya jika kita berbicara gowes jarak jauh, model ketiga akan terasa nyamannya. disamping tangan tertopang lebih baik, posisi tungkai tangan lebih argonomis, juga memindahkan pegangan tangan ke tanduk itu sangat membantu saat tangan mulai terasa kebas.

Perhatikan gambar di bawah ini :


Dari ilustrasi di atas,  menjelaskan :
  • Hand grip standar posisi tungkai tangan membentuk sudut patah, ini akan menyebabkan tangan cepat kebas/kesemutan.
  • Posisi persendian tangan di grip model ergon lebih rilex.
  • sedangkan jika menggunakan hand grip ergon tanduk, setidaknya mendapat 2 keuntungan. Pertama posisi tangan lebih rilex dan kedua bisa memindahkan posisi tangan ke tandukannya jika tangan sudah terasa kebas/kesemutan.
#gowesforhealth

0 komentar:

Post a Comment