Aksesoris Sepeda part I

Maaf sebelumnya kalo sok tau, pengin review aksesoris yg sekarang menempel alias dipakai di sepedaku. 3 dulu ya, yaitu : Lampu belakang Solar Energy, lampu depan power beam, dan speedometer cateye velo 7. Langsung aja :

1. Lampu belakang Solar Energy


Kisaran harga : 45 rb
Sesuai namanya, ini ada lampu belakang tanpa baterei. jadi tenaga yg diperlukan untuk menyalakan lampu ini berasal dari panel solar/surya dibagian atasnya. Ini yang membuat Aku tertarik untuk memakai di sepedaku. di samping untuk alat keamanan bersepeda terutama di malam hari, juga kan ceritanya dilandasi semangat go-green, hemat energi ga usah beli baterei.

Tapi sayang, dalam hitungan hari setelah ditempel di sepedaku alat ini mulai bermasalah, nyala terus ga mau dimatiin atau ganti mode. oh ya.. alat ini mempunyai 3 mode, kedip cepat, kedip pelan, dan nyala terus. Menurut petunjuk yg ada dikemasan bisa dipakai untuk 4 jam alam mode nyala terus sampai tenaga matahari yang tersimpan habis.

2. Lampu Depan

Kisaran harga : 35 ribu
baterei : 4 buah ukuran AAA


Lampu ini bermerk Power Beam, bisa digunakan dalam 3 mode, yaitu : kedip cepat, kedip lambat, dan nyala terus. Tapi sayang, kurang terang, jika gowes malam aku lebih memilih menyalakannya dalam mode kedip cepat. Minimal untuk memberi tahu pemakai jalan lain kehadiran kita, hehehe.. takut diseruduk tiba-tiba. Tidak bisa diandalkan untuk penerangan malam, kurang terang bro !

Lampu power beam ini, sudah dilengkapi bracket seukuran handlebar dan baut-sekrup berulir yg bisa dipasang dengan tangan kosong [maksudnya tanpa perlu memakai obeng]. Lampunya sendiri bisa dibuka pasang ada socket untuk melepasnya.

3. Speedometer [cyclo computer] cateye velo 7


Kisaran harga : 160 ribu
model : velo7, kabel

Ini adalah speedometer sepeda yang mempunyai 7 fungsi, yaitu : current speed, jam, average speed, waktu tempuh, jarak tempuh, kecepatan maksimal, dan oddo [total jarak tempuh].

Model velo 7 ini masih menggunakan kabel yg menghubungkan unit speedometer dengan sensor magnet speed yg ditempel difork. Sejauh ini semua berfungsi normal, meskipun pernah jatuh sekali di jalan aspal. Seperti juga merk yang lain, cara pasangnya juga tersedia bracket dengan tali tis untuk mengikatkan ke handlebar dan unitnya bisa dilepas pasang.

... to be continued ...