About Sadel Sepeda

Sadel haruslah yang nyaman, coba bayangin. Bagaimana mau kuat gowes [terutama untuk jarak jauh] kalo baru sebentar duduk di atas sadel, [maaf] pantat sudah panas. Pasti merusak konsentrasi dan ujung-ujungnya menyerah sebelum sampai destinasi.

Pada dasarnya sadel sepeda MTB terbuat dari tiga macam bahan  :
  • sadel dengan bantalan gel,
  • sadel Padded foam,
  • sadel dengan bantalan udara,
  • sadel dari serat karbon,
  • dan juga ada sadel terbuat dari plastik lunak.








macam-macam sadel sepeda

Pemilihan sadel menjadi subjektif, coba deh tanya ke senior-senior goweser, mengenai sadel apa yang paling nyaman dipakai. Hampir bisa dipastikan jawabannya akan bermacam-macam. Secara anatomi tubuh manusia bermacam-macam postur tubuh, posisi tulang duduk atau ischial tuberosities juga berbeda setiap orang. Padahal pada posisi duduk gowes semua beban tubuh bagian atas akan bertumpu pada bagian tubuh ini. Itulah yang menjadi alasan jawaban yang berbeda mengenai kenyamanan sadel. sedangkan, Kenyamanan di atas sadel jelas akan menambah jarak tempuh dan menambah lama waktu bersepeda.

Memilih sadel yang pas, perlu proses yang berulang. Gonta-ganti sadel sampai dapat sadel yang pas dengan postur tubuh seorang goweser. Kalau Saya, dengan sadel asli bawaan sepeda hanya disarungi model gel sudah nyaman, beruntung [maaf] pantan Saya tidak neko-neko, hehehe ..!!!
sarung sadel gel
"Memilih sadel yang pas, perlu proses yang berulang. Gonta-ganti sadel sampai dapat sadel yang pas dengan postur tubuh seorang goweser."
Sadel sepeda dirakit dari beberapa komponen yang dijadikan satu, bagian-bagian sadel itu adalah :



# Rail, ini adalah bagian rangka sadel yang menghubungkan dengan seatpost. Rail sepeda zaman sekarang terbuat dari material alumunium atau carbon yang dilapisi alumunium atau juga pada sadel yang mahal terbuat dari titanium.

# Shell ini adalah tatakan terbuat dari plastik yang kuat atau full carbon untuk sepeda yang mahal.

# Padding, adalah bagian empuk yang bisa terbuat dari foam atau gel. Bagian ini yang menambah kenyamanan topangan sit bone.

# Cover, ini bagian pembungkus luar. terbuat dari bahan sintetis atau juga sadel yang mahal terbuat dari bahan kulit asli. Bahan cover harus kuat agar tidak cepat sobek dan jahitan atau finishinnya rapi.

sadel ontel [klasik]

Model Sadel Sepeda ada beberapa macam, diantaranya :

# Race
# MTB
# Cutway
# Suspension
# Wide
# Noseless
# Leather

Ok, kalau begitu ! Selamat memilih sadel sepeda yang pas buat Anda !

#gowesforhealth

0 komentar:

Post a Comment